Visi Misi

Anggun Meridiana S.I.P 01 April 2013 14:14:06 WIB

VISI DAN MISI

 

3.1.      Filosofi

 

            Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Desa memerlukan satu filosofi pembangunan sebagai suatu cita-cita luhur yang memiliki pandangan luas dan dapat menjadi pedoman dan tujuan bagi Desa dalam menetapkan Visi dan Misi serta tujuan pembangunan.

 

            Filosofi pembangunan Desa Ngoro-oro merangkum filosofi daerah Kabupaten Gunungkidul yang digali dari khasanah budaya luhur bangsa Indonesia.yaitu DHAKSINARGA BHUMIKARTA. Dhaksinarga berasal dari kata-kata Dhaksina yang berarti “Selatan” dan Arga yang berarti “Gunung”, yang kemudian dirangkai menjadi satu kata Dhaksinarga yang artinya Gunungkidul. Bhumikarta berasal dari kata-kata Bhumi yang bermakna “bumi, tanah, daerah” dan Karta yang bermakna”Subur, makmur, rahayu, damai dan sejahtera”.

 

            Dengan demikian filosofi pembanguna Kabupaen Gunungkidul, DHAKSINARGA BUMIKARTA, merupakan tekad masyarakat Gunungkidul untuk senantiasa ingin mewujudkan suatu semboyan yang mengandung harapan agar Gunungkidul menjadi daerah yang subur dan makmur dengan cara melaksanakan pembangunan di segala bidang berlandaskan Hasta Dharma.

 

            Adapun Hasta Dharma merupakan amanah yang harus dilaksanakan oleh setiap pemimpin dan aparatur Daerah Kabupaten Gunungkidul, yaitu :

 

(1)               Pengayoman seluruh rakyat tanpa membedakan golongan aliran dan agama,

(2)               Pemberi petunjuk dan bimbingan kepada rakyat menuju ketertiban dan keamanan umum,

(3)               Penyuluh di dalam gelap dan penolong di dalam penderitaan bagi seluruh lapisan masyarakat, sehingga tercapai ketenangan dan ketentraman lahir dan batin,

(4)               Pembina semangat kehidupan masyarakat sehingga terjelma sifat dan sikap dinamis, konstruktif dan korektif,

(5)               Pembangkit dan pemupuk daya cipta menuju kearah kesejahteraan masyarakat,

(6)               Bersifat sabar, tekun, ulet dan bijaksana agar dapat menampung dan mencarikan penjelasan segala persoalan hidup dan kehidupan rakyat sehari-hari,

(7)               Penggerak segala kegiatan masyarakat menuju tercapainya masyarakat adil makmur yang diridhoi Tuhan Yang Maha Esa, dan

(8)               Pemberantas kejahatan dan kemaksiatan dengan jelas bertindak tegas, adil, dan jujur tanpa pandang bulu dan harus menjadi teladan di dalam kebaikan lahir, batin bagi masyarakat.

 

3.2.            Visi

 

Visi adalah hal yang diinginkan pada akhir periode perencanaan yang kondisinya direpresentatikan dalam sejumlah sasaran hasil pembangunan yang dicapai melalui program-program pembangunan dalam bentuk rencana kerja. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM-Desa) Ngoro-oro Tahun 2012 – 2017 mengadopsi visi Rencana Kerja Pembangunan Desa Ngoro-oro 2013 yang telah diperbarui, yaitu :

 

Desa Ngoro-oro sebagai desa yang mampu melaksanakan pembangunan secara berkesinambungan baik dalam aspek fisik, non fisik dan pelayanan umum untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat menuju desa yang mandiri dan tangguh menghadapi bencana.

 

 

Penjelasan Visi

 

“Pembangunan berkesinambungan” adalah upaya untuk mengubah keadaan menjadi lebih baik dalam semua segi kehidupan melalui upaya yang mampu mencukup kebutuhan pada saat ini tanpa mengabaikan kebutuhan masa depan dan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan demi kelangsungan hidup generasi yang akan datang.

 

 “Pembangunan Fisik” adalah usaha/upaya perbaikan, perawatan dan peningkatan sarana dan prasarana fisik desa untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, khususnya saran dan prasarana Pemerintah Desa, Transportasi, Sosial, Pendidikan dan sarana prasarana lainnya.

 

“Pembangunan Non Fisik” adalah usaha/upaya untuk meningkatkan kualitas kehidapan masyarakat Desa Ngoro-oro meningkat melalui kegiatan-kegiatan pembinaan terhadap lembaga Desa yang ada, misalnya pembinaan kerohanian, penyuluhan-penyuluhan dan lain sebaginya.

 

“Kesejahteraan Masyarakat” adalah suatu keadaan masyarakat Desa Ngoro-oro yang dapat dilihat dari segi meningkatnya taraf hidup masyarakat dengan tercukupinya segala kebutuhan jasmani dan rohani.

 

“Pelayanan Umum” adalah suatu bentuk pelayanan yang diberikan kepada masyarakat Desa Ngoro-oro  dalam memenuhi segala kebutuhan masyarakat baik dalam bentuk surat-surat mapun tugas perbantuan yang dilimpahkan dari Pemerintah Kecamatan, Propinsi maupun Pusat kepada Desa Ngoro-oro.

 

“Desa yang Mandiri” adalah desa yang mampu menyelesaikan segala permasalahan yang dihadapi dengan sumber daya yang ada.

 

“Desa yang Tangguh Menghadapi Bencana” adalah desa yang memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri terhadap potensi ancaman dan menghadapi peristiwa bencana sehingga senantiasa dapat mempertahankan suatu tingkat fungsi dan struktur sosial-budaya tertentu yang sekurang-kurangnya seperti sediakala atau menjadi lebih baik.

 

Rangkuman Penjelasan Visi

 

Perwujudan desa yang mampu menyesuaikan diri terhadap segala bentuk ancaman bencana dan menhadapi peristiwa bencana dengan segenap kemampuan dan sumber daya yang dimilikinya melalui usaha-usaha pembangunan secara berkesinambungan sehingga senantiasa dapat mempertahankan suatu tingkat fungsi dan struktur sosial-budaya tertentu yang sekurang-kurangnya sperti sediakala atau menjadi lebih baik.

 

3.3.            Misi

 

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan Pemerintah Desa untuk mewujudkan Visi. Selanjutnya, berdasarkan visi desa tersebut di atas, ditetapkan 5 (lima) misi Pembangunan Desa 2012 – 2017, yaitu :

 

(1)   Melaksanakan pembangunan secara berkesinambungan

(2)   Mewujudkan pelayanan yang baik terhadap masyarakat

(3)   Mewujudkan peningkatan sarana dan prasarana yang menunjang kesejahteraan masyarakat.

(4)   Mewujudkan peningkatan semangat kewiraswastaan masyarakat

(5)   Melaksanakan pengurangan resiko bencana secara terpadu dan komprehensif

 

 

 

Penjelasan masing-masing Misi

Misi Kesatu

Misi ini merupakan upay Pemerintah Desa dan segenap masyarakat Desa Ngoro-oro untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan pembangunan dan penghidupan/pencaharian yang mampu memenuhi kebutuhan/kesejahteraan masa sekarang namun dengan tetap memperhatikan dan bahkan harus meningkatkan kualitas kehidupan yang berkesinambungan dengan upaya melestarikan lingkungan.

 

Misi Kedua

Misi ini merupakan upaya Pemerintah Desa Ngoro-oro dalam mewujudkan pelayanan terhadap masyarakat yang meliputi peningkatan kapasitas lembaga desa yang ada serta kualitas dan kopentesi SDM Perangkat Desa, Perencanaan, Pengawasan, Kesadaran dan ketaatan terhadap aturan, sistim keuangan dan pengelolaan Kekayaan Asli Desa.

 

Misi Ketiga

Misi ini merupakan upaya Pemerintah Desa Ngoro-oro dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera dengan meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana yang menunjang, antara lain sarana prasarana di Pemerintah Desa, transportasi dan komunikasi, sosial, budaya dan pendidikan serta sektor pertanian, perkebunan, kehutanan dan kesehatan.

 

Misi Keempat

Misi ini merupakan upaya Pemerintah Desa Ngoro-oro untuk meningkatkan perekonimian masyarakat, yang meliputi usaha pembentukan Koperasi Assalam, UED SP, pembinaan dan penambahan modal usaha kecil serta peningkatan ketrampilan masyarakat.

 

Misi Kelima

Misi ini merupakan upaya Pemrintah Desa Ngoro-oro untuk mengurangi resiko bencana alam yang meliputi perencanaan, pemetaan, pencegahan sampai dengan kesiap siagaan dalam menghadapi ancaman bencana.

 

Selanjutnya kelima misi tersebut di atas diterjemahkan menjadi tujuan-tujuan program pembangunan Desa Ngoro-oro sebagai berikut :

 

MISI TUJUAN

No

Misi

Tujuan

1

Melaksanakan pembangunan secara

berkesinambungan

1. Mengembangkan pola pencaharian yang  

    mendukung kelestarian lingkungan

2

Mewujudkan pelayanan yang baik

terhadap masyarakat

1. Meningkatkan Kapasitas Perangkat Desa

2. Meningkatkan kemampuan dalam penggalian

    Pendapatan Asli Desa

3. Memberdayakan Lembaga Kemasyarakatan

3

Mewujudkan peningkatan sarana dan Prasarana yang menunjang Kesejahteraan Masyarakat

1. Meningkatkan sarana transportasi dan komu-

    nikasi.

2. Meningkatkan kenyamanan dan pelayanan

    terhadap masyarakat.

4

Mewujudkan peningkatan

Kewiraswastaan masyarakat

1. Meningkatkan tingkat perekonomian rumah

    tangga masyarakat

2. Mengembangkan kemampuan potensi

    masyarakat

5

Melaksanakan pengurangan resiko

Bencana secara terpadu dan

Komprehensif

1. Meningkatkan kemampuan untuk

    menyesuaikan diri terhadap potensi ancaman

    dan menghadapi terjadinya bencana