IMUNISASI JE

Ristanto 18 September 2024 05:59:48 WIB

SID Ngoro-oro – Puskesmas Patuk II, Selasa 17/09/2024 mengadakan Imunisasi JE (Japanese Enchepalitis) yang diselenggarakan di Balai Kalurahan Ngoro-oro. Imunisasi JE adalah Imunisasi baru dan pertama yang di programkan Pemerintah Indonesia, tertuma di Daerah Istimewa Yogyakarta. Imunisasi ini di adakan pertama kali di Provinsi Bali dan Kalimantan Barat, dilaksanakanya imunisasi ini bertujuan untuk mencegah peradangan otak pada anak yang menyasar anak umur 9 bulan – 15 tahun. JE adalah salah satu penyebab utama radang otak akibat infeksi virus (ensefalitis virus) di seluruh dunia dan merupakan masalah utama kesehatan masyarakat di Asia termasuk di Indonesia. Berdasarkan data publikasi Badan Kesehatan Dunia atau WHO, diperkirakan terdapat sejumlah 67.900 kasus baru per tahun di 24 negara di kawasan Asia dan Oceania.

Di Indonesia, kasus konfirmasi JE dalam periode tahun 2014 sampai dengan per Juli 2023 dilaporkan sejumlah 145 kasus dimana 30 kasus diantaranya berada di Provinsi Kalimantan Barat. Case Fatality Rate (CFR) penyakit ini mencapai 20-30% dan 30% – 50% dari penderita yang bertahan hidup akan mengalami gejala sisa seperti lumpuh atau kejang, perubahan perilaku, hingga kecacatan berat. JE mengakibatkan masalah kesehatan yang serius, namun dapat dicegah dengan pemberian imunisasi.

Dalam kesempatan ini Puskesmas II diwakili oleh dr Jovita, Bidan Sulis, Bidan Siti, Gunawan, Daryanto menargetkan 110 anak diwilayah Kalurahan Ngoro-oro dan Terbah, tetapi dalam kesempatan ini banyak yang belum bisa mengikuti atau sebutan lain ditunda dikarenakan sedang batuk pilek.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar